Apa Yang Saya Lakukan Sebelum Membuat Blog ?

Pada awalnya saya telah membuat beberapa blog pribadi, kurang lebih 3 blog telah saya buat 2 diantaranya saya buat dengan platform dari Google, sedangkan yang satunya saya buat di WordPress. Ternyata benar tentang apa yang sebagian bloggers meyakininya bahwa harus ada beberapa perisiapan sebelum kita memutuskan untuk membuat sebuah blog. Karena ke tiga blog saya itu bisa saya katakan “gagal” dan tidak terurus.

Saya asumsikan jika kita ingin melakukan perjalanan yang cukup jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi misal keluar kota, tentunya pasti ada beberapa perlengkapan yang harus dibawa. Karena apa yang kita bayangkan jika ditengah perjalanan nanti tiba-tiba kendaraan kita mogok begitu saja ? dan kita tidak membawa alat-alat untuk memperbaikinya. Pasti saat itu yang kita rasakan hanya kesal, marah, dan stres, bahkan kita merasa perjalanan kita “gagal”.

Oleh karena itu, saya rasa penting untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum kita memutuskan untuk ngeblog. Karena yakinilah bahwa apa yang kita dapatkan adalah buah dari apa yang kita persiapkan dan kerjakan. Saya pribadi sengaja mencatat semua persiapan saya sebelum memulai untuk ngeblog pada sebuah buku pribadi. Berikut persiapan yang saya lakukan, mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi bagi para sobat bloggers sekalian.

  • Saya harus memikirkan dan mencatat apa tujuan akhir dari kegiatan blogging saya nantinya. Apa akan terus sekedar menjadi wadah saya untuk menulis, berbagi pengalaman, tutorial, dan sebagainya atau saya akan menjadikan blog saya nantinya menjadi sumber penghasilan. Karena dengan saya memikirkan, memutuskan, dan mencatat itu semua akan menentukan apa yang saya harus lakukan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang.
  • Saya juga harus memutuskan apa yang nanti akan saya sajikan kepada para pembaca, atau lebih spesifiknya apa yang akan menjadi tema tulisan saya. Apakah saya akan menyajikan kepada pembaca tentang Tutorial, tips, trick, pengetahuan, cerita pribadi dan lain-lain.
  • Lalu saya membuat beberapa catatan kecil mengenai Menu dan submenu dari apa yang nanti akan saya tulis dan berikan kepada pembaca. Tentunya saat itu saya telah memutuskan topik atau tema tulisan saya.
  • Setelah 3 point diatas saya lakukan, langkah selanjutnya saya harus menentukan pada siapa blog dan tulisan saya akan dibuat dan dipublikasikan. Atau dengan kata lain saya harus menentukan Platform apa yang akan saya gunakan, Blogspot, wordpress, blogdetik, atau yang lainnya.
  • Point ini yang saya rasa akan menyita banyak waktu. Karena saya blogger pemula, terlebih dahulu saya akan terus belajar, membaca, bertanya, dan berdiskusi tentang bagaimana cara agar blog saya nantinya banyak pengunjung dan ramah terhadap mesin pencari. Dengan kata lain saya harus memperdalam teknik SEO (Search Engine Optimization).

Itulah 5 catatan persiapan saya ketika saya memutuskan untuk serius ngeblog. Karena saya yakin bahwa persiapan yang matang dan terorganisir akan membantu saya dalam menghasilkan hal yang luar biasa.

Karena sampai saat ini saya masih meyakini bahwa persiapan itu adalah hal penting, karena dengan persiapan yang matang kita bisa menentukan arah dan tujuan kita.

Lalu bagaimana persiapan sobat sebelum membuat Blog ?? mari kita diskusikan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

